Kamis, 21 Juli 2016

aditya apriliyanto

Pengertian dan sejarah Cisco


Assallamuallikum wr wb

Hey ,guys...
 jumpa kembali dengan saya , diblog saya ini saya ingin berbagi ilmu dengan kawan semua, barang kali saja teman-teman ada yang  bingung

di pagi ini saya akan memposting sedikit tentang
     SEJARAH CISCO ;

sebelumnya kita harus tahu pengertian terlebih dahulu apa sih cisco itu :








1. cisco ; sebuah alat yang bayak digunakan paada jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan,
bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router
 

Cisco menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju, Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuannya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat tepat.
 Untuk itu Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat.
    Seperti komputer, cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memori yaitu
  ROM, RAM, NVRAM

dan FLASH, yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Selain itu dilengkapi pula dengan sejumlah interface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk data. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System (IOS). Memori yang digunakan oleh cisco router 
masing-masing mempunyai kegunaan sendiri- sendiri sebagai berikut :
ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS image.

• RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan dan sistem operasi IOS yang aktif.

• NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration).

• FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router.



2. Sejarah Cisco

Cisco system didirikan pad Desember 1984 di Menlo Park, California, oleh Seorang suami istri dari sebuah University di Stanford .leonard bosack dan istrinya sandra learner . Bosak adalah seorang manajer komputer dari departemen ilmu komputer dari laboratorium , dan learner oversaw computer ari lulusan sekolah bisnis.




Disini Stanford, Bosack membuat cara untuk menghubungkan dua jarigan lokal di masing-masing departemen ditempat dia dan istrinya bekerja. Pasnngan ini mengalami masalah dalam membuat komputer mereka berkomunikasi satu sama lain. mereka membuat server gateway diruang tamu mereka yang menuju  ke departemen cara sederhana membuat dua departemen berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan protokol IP. Akhirnya pada tahun 1948 Berdirilah cisco Systems. ( c kecil ) Pada tahun 1992 namanya berubah menjadi Cisco.

Advanced Gateway Server (AGS)
 

 adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan. Setelah ini datang Mid-Range Gateway Server (MGS), Compact Gateway Server (cgs), Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS +.
        Akhirnya menciptakan router cisco 4000, 7000, 2000, dan 3000 series. Router ini masih ada dan meningkatkan setiap hari. Cisco adalah pemimpin besar dunia ketika datang ke jaringan untuk Internet. Produk perusahaan ini mengarah pada kemudahan dalam mengakses dan mentransfer informasi terlepas dari perbedaan waktu, tempat atau platform. Sertifikasi CCNA adalah sertifikat yang pertama dalam jajaran sertifikasi Cisco dan merupakan pendahulu untuk semua sertifikasi Cisco. Program CCNA dibuat untuk memberikan dasar yang kokoh yang tidak hanya untuk Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan hardware Cisco, tetapi juga internetworking secara umum. Untuk mendapatkan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) maka

   Ciscon membuat suatu seri sertifikasi, yaitu:

     - CCNA (Cisco Certified Network Associate)

     - CCNP (Cisco Certified Network Professional)
     - CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)



semoga bermanfaat..

wassallamuallaikum.wr.

aditya apriliyanto

About aditya apriliyanto -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Anonim
AUTHOR
20 September 2017 pukul 09.31 delete

informasi yang menarik sekali min, thanks sudah share...
tempat thinner

Reply
avatar